Zonadunia.com

Zonadunia.com – Terkait tanah-tanah ulayat yang berada di Papua, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) sedang mencari solusi untuk menatanya.

Saat ini Kementerian ATR/BPN tengah gencar melaksanakan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ke seluruh penjuru Indonesia.

Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A Djalil menyampaikan, wilayah Indonesia yang luas sehingga menimbulkan tantangan tersendiri di berbagai daerah terkait dengan pelaksanaan program PTSL.

Masalah tanah ulayat di Papua menjadi salah satu tantangan bagi Kementerian ATR/BPN. Menteri ATR/Kepala BPN memastikan akan serius menangani masalah tersebut.

Image by Peter H from Pixabay
Ilustrasi (Image by Peter H from Pixabay)

“Kami sedang melakukan penelitian yang sangat intensif tentang bagaimana penataan tanah ulayat di Papua sehingga tanah itu bisa produktif. Kemudian, Papua bisa kita bangun secara lebih baik sehingga kemakmuran akan bisa dicapai,” terang Sofyan dikutip dari Kompas.com.

Menurut Sofyan, Tanah Papua dan Papua Barat sangat luas dan memiliki potensi yang begitu kaya. Karena itu harus ada investasi untuk membangun…

View original post 134 more words